dbc-network

Friday, March 30, 2012

Segar dan Sehat dengan Berkebun


Emm…dari sekian banyak hobiku, yang paling bermanfaat adalah berkebun dan memasak. Soalnya hobi lainnya tidur , makan, nonton, dan masih banyak lagi. 
Nahhh…kali ini aku mau berbagi pengalaman tentang hobi berkebun yang udah dari lahir ditekuni (wkkkk…lebay). Berkebun itu ga berarti kita kesawah terus main lumpur, itu namanya bertani.. hahaha
Berkebun yang aku maksud itu menanam bunga, sayuran atau buah-buahan. Biasanya kalau yang Yustina lakukan yang paling sederhana, yaitu menanam bunga. Dari hobi tanam-menanam bunga ini banyak manfaat yang aku rasain, salah satunya tambah sehat dan segar. Kok bisa ???
Emm,, kalau menurut persepsi aku sendiri sih semua itu datangnya dari hasil yang kita lakukan dan kepuasan yang kita dapatkan. Biasanya aku menanam bunga di sore hari, kenapa? Karena bunga yang kita tanam tidak akan langsung terkena sinar matahari. Beda kalu kita menanam di pagi hari, tanaman / bunga akan langsung terkena sinar matahari dan layu . Oh iya, nyiram airnya jangan banyak-banyak ya, karena akar belum merekat secara sempurna dengan tanah. Jadi kalau langsung disiram air, akar tanaman akan busuk.


Aku biasa bangun pagi-pagi sekali, soalnya aku siram bunganya setiap pagi. Karena tanaman memerlukan air pada siang hari untuk fotosinteis. Jangan menyiram bunga pada siang hari ya, apalagi lagi kalau matahari sedang terik, karena akan merusak proses fotosintesis dan membuat bunganya layu dehh… Menyiram bunga juga jangan di daun atau bunganya ya,, tapi di akarnya.. Agar air bisa diangkut oleh pembuluh angkut pada akar dan didistribusikan ke pembuluh lainnya.
Dari seringnya bangun pagi karena bunga inilah aku lebih sehat setiap harinya, karena bisa menghirup udara segar tanpa polusi.. Emmmm…. Kepuasan yang aku dapatkan, saat bunga yang aku tanam udah mulai mekar. Nah jadi senyum terus kan tiap pagi, tambah segar lagi dehhh… 
Salah satu bunga favorit aku adalah Snow Flower. Bunganya memang gak sebesar bunga mawar, kecil warna pink gituu… Setiap hari berbeda-beda jumlah bunga yang mekar. Biasanya Snow Flower ku berbunga dari 25-50 bunga… wowwhhhh! Kalau yang suka bunga pasti seneng banget lihatnya. Kayak gini nih yang namanya Snow Flower. 





Gimana? Mau segar dan sehat dengan berkebun? Coba yaaaa.

No comments:

Post a Comment